Rabu, 21 Oktober 2009

Galaksi

Galaksi merupakan sekumpulan bermiliar-miliar bintang dan debu-gas antarbintang yang terikat oleh gaya gravitasi. Galaksi bagaikan sebuah pulau terang di lautan luas tak berhingga yang disebut Alam Semesta. diperkirakan bahwa Alam Semesta mengandung 100 miliar galaksi yang masing-masing rata-rata terdapat 100 miliar bintang. Galaksi katai hanya mengandung hanya beberapa miliar, sedangkan galaksi raksasa terdiri dari ribuan miliar bintang. Diameter galaksi merentang dari 3.000 sampai dengan 500.000 tahun cahaya.

Kelahiran Galaksi
Sekitar dua miliar tahun setelah Ledakan Besar, galaksi terbentuk dari awan gas yang berhamburan dan materi primordial.

Ragam Bentuk dan Ukuran Galaksi
Pada tahun 1925, astronom Edwin Hubble menyusun pengklasifikasian galaksi yang masih terpakai hingga sekarang. Berdasarkan bentuknya galaksi dikelompokkan menjadi tiga-elips, spiral, dan tidak beraturan-kemudian ditambahkan keempat, lentikular. Sekitar 60% galaksi teramati berbentuk spiral, 20% lentikular, 15% elips, dan 3%-5% tidak beraturan.

  1. Galaksi Elips; memiliki bentuk spheroidal yang memipih ke arah tepi. Galaksi elips dari 0-7 menurut kelonjongan elipsnya.
  2. Galaksi Lentikular (SO) memiliki kemiripan dengan galaksi elips, namun memiliki pusat yang menonjol seperti pada galaksi spiral.
  3. Galaksi Spiral; memiliki lengan-lengan spiral yang berada diintinya. Galaksi spiral dikelompokkan lagi menjadi Sa, Sb, dan Sc menurut ukuran inti dan bentuk lengan spiralnya. Bimasakti merupakan galaksi spiral Sb. Galaksi spiral normal (S) (1) memiliki dua lengan spiral yang berseberangan satu sama lain. Galaksi spiral batang (SB) (2) ditandai dengan adanya pita bintang-bintang dan materi antarbintang yang berasal dari penggabungan lengan spiral.
  4. Galaksi tidak Beraturan; tidak memiliki inti, lengan ataupun bentuk khusus. Galaksi tidak beraturan tipe I (Irr I) tidak memiliki struktur apapun, adapun tipe II (Irr II) masih menunjukkan struktur yang berubah akibat gangguan.

1 komentar:

Tujuan dan Nilai Pembelajaran Geografi