Selasa, 26 Januari 2010

Gerhana Matahari - Fenomena Luar Biasa -

Gerhana matahari terjadi ketika, ditinjau dari Bumi, Bulan melintas di depan Matahari. Tiga benda langit harus segaris lurus. Tidak ada tempat lain di tata surya yang memungkinkan gerhana matahari terjadi karena tidak ada planet yang memiliki Bulan yang dapat menutupi piringan matahari secara penuh.

Gerhana matahari terjadi pada siang hari dan dapat disaksikan dari sebagian kecil permukaan planet yang membentang beberapa kilometer seperti koridor dalam waktu yang singkat.

Gerhana Matahari Total
Gerhana matahari total maksimal terjadi selama tujuh menit, pada saat tersebut korona matahari terlihat. Umbranya menutupi wilayah lebih dari 270 km.


Gerhana Cincin
Gerhana cincin ketika Bulan tampak lebih kecil dari Matahari sehingga piringan Matahari tampak seperti cincin. Pada gerhana ini, Bulan berada pada jarak terjauhnya dari Bumi.

Gerhana Sebagian
Kapanpun terdapat gerhana total ataupun cincin, pengamat yang berada di wilayah bayangan penumbra akan menyaksikan gerhana sebagian


Hati-hati! Bahaya!
Jangan pernah, untuk alasan apa pun, melihat Matahari dengan mata telanjang. Tampak lebih mudah melihat Matahari ketika gerhana matahari terjadi, tetapi efek membinasakan UV sama bahayanya. Cara aman untuk mengamati gerhana adalah dengan berdiri membelakangi Matahari. Gunakan kertas berlubang untuk melakukan cahaya Matahari dan saksikan gerhana pada lembar kertas yang lain.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tujuan dan Nilai Pembelajaran Geografi