Kamis, 25 November 2010

BULAN "Satelit Alami Bumi"

Kali ini tulisan yang akan dibahas tentang Bulan ... sebagai manusia kita sudah sangat akrab dengan bulan dengan cahaya lembutnya di malam hari membuat bumi kita ini terasa sangat "romantis" dan terasa damai aja ... hmmmmm. Nich dia Bahasannya disimak yach ..................


Bulan memiliki semua kriteria planet. Ukurannya (seperempat ukuran Bumi), permukaan serta sejarah pembentukannya dapat disamakan dengan planet-planet dekat Matahari. Selain itu, Bulan dianggap satelit alamiah yang mengelilingi Bumi. Bulan tidak memiliki lapisan udara dan perairan, tetapi sepertinya di dasar kawah kutub terdapat es yang bercampur dengan pasir-pasir halus, di mana suhunya selalu di bawah -200 derajat celsius. Dalam situasi seperti ini, bisa tercipta materi sekeras batu.

Lebih dekat dengan Bulan
Permukaan Bulan benar-banar tidak rata. Bulan memiliki kawah-kawah yang diameternya ratusan kilometer, pegunungan dengan ketinggian 9 km, dan jurang dengan kedalaman 6 km.

Struktur Bulan
Inti bagian dalam mengandung besi memiliki suhu 1.200 derajat celsius. Bagian yang lebih luar bersifat merekat/liat. lapisan diatasnya merupakan lapisan padat dengan ketebalan 1.000 km. dan paling terluar adalah kerak bulan yang memiliki ketebalan 60 km pada sisi terdekat (lebih tipis) sedangkan ketebalan dari sisi terjauh 100 km.

Asal usul Bulan
Buerasal  dianggap berasal dari peristiwa tumbukan hebat antara Bumi dengan asteroid yang sangat besar. Akibatnya, sejumlah besar materi pecahan dari Bumi ataupun Asteroid berhamburan ke angkasa. Karena adanya gravitasi Bumi, pecahan tersebut mulai mengorbit Bumi dan menggumpal menjadi satu membentuk Bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tujuan dan Nilai Pembelajaran Geografi