Sabtu, 04 Desember 2010

ASTEROID

Asteroid atau planetoid atau planet minor adalah planet-planet kecil yang sangat banyak dan beredar pada orbitnya diantara orbit Mars dan Yupiter. Ukuran Asteroid bervariasi, ada yang hanya berdiameter 1 km dan yang lainnya kebanyakan sebesar bulan. Terdapat beribu-ribu asteroid dalam tata surya. Asteroid yang orbitnya melewati orbit bumi dinamakan asterod Apollo.



Asteroid kali pertama ditemukan pada 1801 olah Piazzi seorang astronom Italia. Asteroid yang berukuran paling  besar yaitu Ceres (diambil dari nama dewi pertanian bangsa Romawi) dengan diameter 750 km. Ukuran asteroid jauh lebih kecil daripada ukuran planet yang diameternya bisa mencapai belasan ribu kilometer. Asteroid berukuran sangat kecil sehingga para astronom berpendapat bahwa di alam semesta ini pasti terdapat banyak sekali asteroid. Pendapat ini terbukti beberapa tahun kemudian dengan ditemukannya asteroid Vesta, Yuno dan Pallas.

Asteroid terbentuk dari material dari proses terbentuknya tata surya sekitar empat setengah miliar tahun yang lalu di bawah pengaruh interkasi gravitasi. Sebagian besar populasi asteroid berada diantara orbit planet Mars dan Yupiter, daerah yang dikenal dengan sabuk utama (Main belt). Selain itu, terdapat pula kelompok Asteroid dengan orbit yang berbeda, seperti kelompok Trojan dan kelompok AAA (triple A Asteroid-Amor, Apollo, dan Aten).

Sampai 1987, dari 100.000 asteroid baru sekitar 3.500 asteroid yang telah diberi nama. Orbit asteroid ternyata tidak hanya di antara Mars dan Yupiter. Ada asteroid yang lebih dekat ke Bumi daripada ke Mars, ada yang lebih jauh daripada Yupiter (diukur dari matahari), seperti Icarus dan Apollo. Daerah lintasan asteroid yang utama dinamakan sabuk asteroid (asteroid belt). Sampai saat ini, para ahli belum dapat menjelaskan secara proses terjadinya asteroid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tujuan dan Nilai Pembelajaran Geografi